Mencegah Nafsu Makan Berlebih Secara Alami Ini Tipsnya

Mencegah Nafsu Makan Berlebih Secara Alami Ini Tipsnya

Mencegah Nafsu Makan Berlebih Secara Alami Ini Tipsnya

IdSeksi.com – Cantik Dan Seksi. Nafsu makan merupakan masalah yang terkadang dihadapi untuk menjaga tubuh langsing dan seksi. Tubuh langsing dan seksi merupakan idaman setiap orang. Bagi para wanita tubuh yang ideal cantik dan seksi menjadi idaman tersendiri. Kata gemuk adalah kata yang tabu untuk didengar oleh setiap wanita. Semua wanita menginginkan tubuh langsing cantik dan seksi. Berikut cara Mencegah Nafsu Makan Berlebih Secara Alami.

1. Minum Air 
Minum air putih sepanjang hari khususnya dilakukan sebelum makan akan sangat membantu untuk menekan nafsu makan yang berlebih. Sebenarnya, sudah menjadi pengetahuan umum jika minum air putih akan menekan nafsu makan, hal itu disebabkan air yang diminum akan mengambil banyak ruang di dalam perut sehingga tempat untuk mengisi makanan tidak begitu cukup. Bagi mereka yang mengalami dehidrasi, tentu rasa haus akan datang sehingga volume untuk minum air semakin banyak, jadi nafsu untuk makan bisa berkurang.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition melaporkan bahwa mengkonsumsi air terlebih dahulu sebelum makan akan mengurangi asupan energi pada pria muda yang tidak obesitas dan Ini bisa membantu manajemen berat badan yang ideal.

Tidak saja air, cairan apa pun seperti jus bisa mencegah nafsu makan yang berlebih. Sebuah studi pada tahun 2007 yang diterbitkan di Appetite melaporkan bahwa mengkonsumsi suplemen prapuatera dengan energi rendah dalam berbagai bentuk membantu asupan energi moderat pada orang dewasa.

Jadi, teruslah minum air dari waktu ke waktu untuk membantu Anda makan lebih sedikit. Selain air putih, anda bisa minum yang lain seperti air kelapa, teh hijau, jus buatan sendiri atau yang lain.

2. Tambahkan Protein dan Serat untuk Diet Anda 
Makanan kaya akan protein dan serat akan mengisi dan memberi energi yang maksimal lho !.

Selain itu, tubuh akan membutuhkan banyak waktu untuk mencerna makanan yang kaya dengan protein dan serat, dengan begitu rasa lapar dan nafsu makan akan stabil sehingga hasrat untuk makan kembali berkurang.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat serta protein sangat dianjurkan bagi anda yang mengalami obesitas atau bagi anda yang ingin diet tanpa harus takut tidak makan.

Sebuah penelitian di Boston pada tahun 2011 yang dipublikasikan di Obesity menemukan bahwa asupan protein yang tinggi meningkatkan kontrol nafsu makan yang seimbang sehingga akan membuat rasa kenyang khususnya untuk para pria dengan kelebihan berat badan atau obesitas sehingga selama penurunan berat badan (diet) akan berjalan lancar tanpa kendala.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam laporan Obesity memberikan informasi tentang jenis makanan yang kaya akan serat seperti kacang polong, buncis, dan jenis kacang lainnya. Makanan jenis ini cocok sekali menjadi untuk anda yang ingin diet, sebab jika anda mengkonsumsi jenis kacang-kacangan secara teratur akan meningkatkan rasa kenyang sebesar 31% dibandingkan dengan makanan yang setara yang tidak mengandung kacang.

Ingat: Jika anda ingin menekan nafsu makan dan menghentikan hasrat makan yang tinggi, sebaiknya konsumsi makan anda dengan memperbanyak jenis makanan serat dan protein.

Konsumsi-lah makanan protein sehat seperti ikan, telur, unggas, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya serta banyak makan sayuran, buah-buahan dan biji-bijian untuk mendapatkan serat harian Anda.

3. Selalu Sarapan Pagi 
Seberapa sibuk-nya anda, ingatlah bahwa sarapan pagi itu sangat dianjurkan !

Jika anda melewatkan waktu untuk sarapan pagi, maka hal itu akan menyebabkan penurunan gula darah dan akan membuat rasa lapar meningkat. Waktu makan pagi yang terlewatkan akan membuat nafsu makan begitu tinggi sehingga volume makan siang akan melonjak dan inilah salah satu penyebab terjadinya obesitas yang berujung pada banyaknya penyakit bermunculan.

Pada saat sarapan pagi, sebaiknya pilih menu makanan yang kaya akan protein dan serat sehingga anda tidak akan cepat lapar. Sarapan yang mengandung serat dan protein akan membantu mengendalikan kadar gula darah Anda dan mencegah rasa lapar di pagi hari. Inilah sebabnya mengapa para ahli mengatakan sarapan adalah makanan terpenting hari ini. Jadi, jangan lupa sarapan pagi ya !

4. Membiasakan Jalan kaki
Berjalan itu Sehat lho !

Berjalan 15 sampai 20 menit setiap hari berfungsi menurunkan hormon perangsang nafsu makan. Selain itu, latihan sederhana ini juga merupakan metode efektif untuk mengalihkan kosentrasi dan keinginan makan selama latihan tersebut berlangsung. Intinya, nafsu makan akan berkurang plus anda juga akan sehat jika membiasakan diri berolahraga setiap hari, salah satunya dengan membiasakan berjalan kaki secara teratur. Mau sehat, jalan kaki aja, kan ngak repot !

5. tidur yang cukup
Kurang tidur dan begadang memiliki banyak dampak negatif pada tubuh, termasuk peningkatan hormon kelaparan yang membuat Anda mendambakan cemilan sepanjang hari. Orang yang sering begadang malam biasanya ditemani dengan cemilan atau makanan ringan.

Sebuah studi tahun 2007 yang dipublikasikan di Sleep Medicine Clinics menjelaskan bahwa kekurangan tidur akan membuat perubahan hormone pengatur nafsu makan yang mengakibatkan hasrat untuk makan menjadi tinggi. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka mereka yang terbiasa dengan hal itu akan mendapat dampak negatif berupa obesitas.

Jadi, penting untuk tidur setidaknya 7 sampai 8 jam per malam untuk mengendalikan rasa lapar dan hasrat makan berlebih sepanjang hari. Padahal, jika anda mampu menjaga tidur anda dengan baik, maka anda akan terhindari dari berbagai penyakit.

author
Author: 

    Leave a Reply