Gaya Hidup Sehat Ala Italian Agar Panjang Umur? Ini 5 Rahasianya

Rahasia hidup sehat dan berumur panjang

Rahasia hidup sehat dan berumur panjang

idSeksiGaya Hidup Sehat Ala Italian Agar Panjang Umur? Ini 5 Rahasianya. Seringkali kita mendengar kata ‚ÄĚlifestyle‚ÄĚ. Pertanyaannya adalah gaya hidup yang seperti apa?

Aktivitas keseharian tidak terlepas dari asap, baik itu asap kendaraan maupun asap rokok. Sehatkah ?

Dari mulai bangun tidur hingga menjelang tidurpun tidak terlepas dari yang namanya gadget. Entah itu hanya sekedar melihat profil mantan, sekedar liat status pertemanan atau hanya sekedar cek email kerjaan. Itukah aktivitasmu ?

Bangun jam 5 pagi, lalu mempersiapkan sarapan kemudian melanjutkan hidup dengan bekerja di bawah tekanan bos, deadline tiap hari harus disetorkan. Stress….Berangkat pagi pulang malam, itukah kehidupan yang kamu jalani saat ini ?

Belum lagi macet dijalan , mendengar suara klakson setiap pagi di jalan, suara suara negatif yang keluar dari mulut kondektur angkot. Suara sirine sepanjang waktu.

Tingginya tingkat stress di ibukota berdampak¬† pada tingginya pula angka kematian bunuh diri di ibukota. Muncullah ungkapan ‚ÄĚibu tiri tak sekejam ibukota‚ÄĚ

Memang bukan perkara yang mudah untuk mendapatkan pola hidup sehat yang kita inginkan, namun bukan berarti mustahil jka kita mau berusaha.

Dikutip dari Liputan6.com, ada beberapa tips untuk mendapatkan gaya hidup sehat ala Italia untuk mencegah kematian dini, berikut ulasannya :

1. Tidak Memegang Gadget Setiap Waktu Baik untuk Kejiwaan

5 Tips Gaya Hidup Sehat Ala Italia Mencegah Kematian Dini

picture real life, without smartphone

Sadar atau tidak, gadget sudah menjadi kebutuhan penting dalam ritme kehidupan kita.

Mulai dari bangun tidur; apakah hanya untuk stalking instagram, cek status di BBM, membuat status di WA ‚ÄúBangun tidur ku terus mandi‚ÄĚ, atau sekedar say hellow di facebook.

Sadarkah kalian bahwa kehidupan nyatamu telah terenggut ?

Real life, walaupun hanya ngopi bareng di warung kopi Tolib. Bercanda ria ngemil kacang atom ambil nobar, ataukah hanya sekedar nongkrong di taman bermain sambil ‚ÄĚcuci mata‚ÄĚ.

Tentu, saat kita jarang memegang¬†smartphone,¬†kita akan jadi lebih banyak bercengkrama dengan ‚Äėreal people in real life‚Äô¬†daripada terus-menerus mengikuti sosial media yang kadang membawa efek negatif.

2. Mereka Melakukan Diet Mediterania

5 Tips Gaya Hidup Sehat Ala Italia Mencegah Kematian Dini

ilustrasi diet mediterania

Apa itu diet mediterania ?

Adalah salah satu cara diet modern untuk menekan angka kematian yang disebabkan penyakt jantung dan kolesterol, dengan mengkonsumsi sayuran, kacang kacangan serta daging.

Makanya jarang sekali orang gemuk kita temukan di Italia, karena mereka sadar betul dengan pola hidup sehat. Berani mencoba ?

3. Work Less

Rata-rata orang Italia bekerja 36 jam per minggu. Di samping itu, undang-undang di Italia membatasi tenaga kerja 40 jam dalam satu minggu dari 8 jam lembur tambahan. Jika ditemukan karyawan yang bekerja lebih dari itu, maka atasannya akan terkena denda.

Yang lebih menyenangkan lagi orang Italia juga dapat jatah libur empat minggu dalam satu tahun.

Mimpi rasanya di Indonesia seperti itu, andaikan itu benar terjadi hanya terjadi di dunia sinetron.

4. Jalan Kaki Sebelum Makan Malam

5 Tips Gaya Hidup Sehat Ala Italia Mencegah Kematian Dini

ilustrasi gambar quality time

A passeggiata, biasa orang Italia menyebutnya, yaitu berjalan kaki santai sebelum makan malam.

Meskipun hanya sekedar berjalan sekeliling rumah dengan pasangan atau dengan tetangga, hal itu mampu meningkatkan hormon endorpin sert energi positif dan yang pasti siap untuk makan malam.

5. Menikmati Sedikit Kafein Setiap Pagi dan Sedikit Wine di Malam Hari

Di Italia biasanya orang-orang hanya menikmati secangkir espresso saja di pagi hari dan setelah makan malam mereka hanya menikmati satu atau dua gelas wine tidak berlebihan.

Karena menurut mereka, hidup itu dinikmati dengan tidak berlebihan, agar tetap sehat dan bahagia.

author
Author: 

    Leave a Reply